Kabar Berita 


Acara Fokus Group Diskusi (FGD) Wilayah I di Medan

 

Bertempat di Hotel Madani Medan, Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam (Bapak Drs. Nur Mujib, M.H.) dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam (Drs. H. K.M. Junaidi, S.H.) mengikuti acara diskusi dalam FGD wilayah I ( Pengadilan Agama Medan, Pengadilan Agama Lubuk Pakam, Pengadilan Agama Stabat, Pengadilan Agama Binjai pada hari Jum’at, tanggal 22 Nopember 2013 M / 18 Muharram 1435 H.

20131122-004

Narasumber dari kiri kekanan: Drs. Damsir, S.H., M.H.; Drs. H. Khaeruddin, S.H., M.H.; Drs. Nur Mujib, M.H.; Drs. Almihan, S.H., M.H.; Drs. H. Misharuddin


Diskusi ini adalah sebagai tindak lanjut Raker Evaluasi Pengadilan Tinggi Agama Medan dan Pengadilan Agama se-Sumatra Utara di Prapat pada akhir Oktober 2013 silam.
Diskusi yang dibuka oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Drs. H. Sofyan M. Saleh, S.H., M.H. dihadiri oleh para Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan : Drs. H. Bursa, S.H., M.H., Drs. H. Sulaeman Abdullah, S.H., M.H., Dra. Hj. Rosmawardani, S.H., dan Hj. Ernita R., S.H. masing-masing sebagai narasumber.
Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan dalam pengarahannya mengharapkan agar hasil akhir dalam diskusi-diskusi sebelumnya, hingga hari ini dapat menghasilkan “mutiara”, yaitu buku pintar untuk teknik pembuatan putusan yang berkualitas.
Dalam diskusi tersebut, kecuali Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam ( Bapak Drs. Nur Mujib, M.H.) telah dipercaya Panitia sebagai narasumber, Bapak Drs. Ahmad Sobardi, S.H., M.H. (Hakim Pengadilan Agama Lubuk Pakam) juga didaulat sebagai pemakalah utama yang dititikberatkan sesuai thema diskusi yaitu “TEKNIK MEMBUAT PUTUSAN YANG BERKUALITAS DAN ARGUMENTATIF”. Dalam akhir makalahnya Bapak Drs. Ahmad Sobardi S.H., M.H. menyampaikan adagium yang selama ini dikenal dalam masyarakat hukum, yaitu : “Hukum harus ditegakkan meskipun langit akan runtuh”. Diganti dengan “Hukum wajib ditegakkan agar langit tidak runtuh”

 

20131122-005Pemakalah Utama: Drs. Ahmad Sobardi, S.H., M.H.

Sebagai narasumber, Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam menyampaikan arahan untuk pedoman dalam pembuatan putusan yang berkualitas dan argumentatif, antara lain mengharapkan agar hasil diskusi ini disinergikan dengan hasil-hasil diskusi sebelumnya.
Dan untuk memperoleh persepsi yang sama, dimohonkan kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan untuk memberikan payu ng hukum atas hasil diskusi ini semoga dapat dijadikan sebagai pedoman bagi para hakim untuk membuat putusan yang berkualitas dan argumentatif.
Diskusi yang berjalan seru, akhirnya atas nama Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Bapak Drs. H. Bursa, S.H., M.H. (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan) menutup acara diskusi. Dalam amanatnya beliau menyampaikan pesan, bahwa meskipun diskusi ini telah menghasilkan beberapa kerangka rumusan, namun di arena tugas dapat saja para hakim melahirkan kerangka hukum seiring berjalannya dinamika permasalahan yang hidup dalam masyarakat yang sifatnya pengayaan hukum itu sendiri. (muslih/anton)

 

  • selamat-saiful
  • selamat-muslih
  • selamat-rizal
  • ucapan-kpta
  • Duk-Ellyda
  • ucapan-waka-pta
  • ucapan-wisuda
  • duk-likwan
  • sel-rivai