1

Kamis, 3 September 2019, dalam rangka pelaksanaan pelayanan terpadu antara Pengadilan Agama Lubuk Pakam, Kementerian Agama dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Deli Serdang yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 September 2019 di Kantor Camat Pantai Labu terhadap 250 pasangan suami istri. Dengan mengambil tempat di Kantor Camat Kecamatan Pantai Labu, Pengadilan Agama Lubuk Pakam, Kementerian Agama dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Deli Serdang mengadakan rapat lanjutan persiapan pelaksanaan layanan terpadu dimaskud.

Dalam rapat tersebut dibicarakan bahwa setiap instansi akan melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan kewenangannya masing-masing. Pengadilan Agama Lubuk Pakam sebagai awal dari pelaksanaan layanan terpadu ini, akan melaksanakan sidang isbath nikah terhadap 250 pasangan suami istri yang berasal dari Kabupaten Deli Serdabg khususnya warga Kecamatan Pantai Labu dan sekitarnya. Untuk menyidangkan 250 pasangan suami istri diperlukan personil yang cukup banyak. Oleh karena itu Pengadilan Agama Lubuk Pakam akan menurunkan personil yang terdiri dari Hakim, Panitera Pengganti, tenaga administrasi dan petugas juru panggil (porter). Kesemua nama personil yang berasal dari Pengadilan Agama Lubuk Pakam supaya dimasukkan dalam SK Bupati Deli Serdang sebagai pelaksana layanan terpadu Kabupaten Deli Serdang.

2  3

Disamping itu, Drs. H Elmunif sebagai wakil dari Pengadilan Agama Lubuk Pakam memberikan ceramah tentang isbath nikah menjelaskan bahwa output dari sidang isbath ini adalah penetapan. Dengan diterbitkan penetapan yang mensahkan perkawinan pasangan suami istri sesuai dengan UU No.1 Tahun 1974, maka pasangan suami istri tersebut berhak mendapatkan akta nikah yang diterbitkan oleh Kementerian Agama. Setelah kementerian Agama menerbitkan Akta Nikah dilanjutkan dengan penerbitan Akta Kelahiran dari pasangan suami istri. Pelaksanaan acara layanan terpadu ini dibebankan kepada APBD Kabupaten Deli Serdang.

  • 01_Duka.jpg