Kabar Berita 


KETUA PA LUBUK PAKAM TAUSIAH RAMADHAN


KEUTAMAAN RAMHADAN YANG WAJIB DIKETAHUI
Lubuk Pakam, 3 Ramadhan 1438 H, Ketua PA Lubuk Pakam Drs H. Amir Hamzah, SH, menyampaikan tausiah di bulan ramadhan dihadapan Pegawai Pengadilan Agama Lubuk Pakam dan seluruh tenaga honor, yang ringkasnya sebagai berikut :
Setiap hari dalam bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang berbeda. Seperti halnya keutamaan Ramadhan pada 10 hari pertama atau biasa disebut sebagai fase tersulit karena masa dimana tubuh dan pikiran harus beradaptasi atau penyesuaian.
Fase 10 hari pertama di bulan Ramadhan merupakan tersulit karena merupakan fase peralihan dari kebiasaan pola makan normal menjadi harus menahan lapar dan haus mulai dari subuh hingga magrib. Sehingga dalam 10 hari pertama Ramadhan Allah SWT memberi keistimewaan.
Keistimewaan 10 hari pertama di bulan Ramadhan itu, Allah SWT membukakan pintu rahmat yang sebesar-besarnya bagi hamba-Nya yang telah sabar dan ikhlas dalam menunaikan puasa selama 10 hari pertama dibulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.
Selain keutamaan pada 10 hari pertama di bulan Ramadhan, ada beberapa keutamaan lain yang wajib diketahui. Hal ini tentunya untuk membuat ibadah puAsa kita selama Ramadhan menjadi berkah dan dapat menjadi amal baik bagi kita semua.
Pada bulan Ramadhan, Allah SWT menurunkan Al-Quaran. Dengan begitu bulan Ramadhan merupan bulan yang sangat istimewa karena Al=Quran sebagai petunjuk umat manusia diturunkan untuk pertama kalinya oleh Allah SWT.
Berapa keterangan dan hadis menyebut bahwa amalan yang dilakukan selama bulan Ramadhan akan mendapat pahala yang dilipatgandakan. Bahkan sampai 70 kali lipat, sehingga menjadi kewajiban bagi umat muslim untuk senantiasa melaksanakan ibadah selama Ramadhan.
Ramadhan disebut juga bulan yang penuh berkah karena jika umat muslim melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainnya akan mendapatkan keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan. Jadi jangan pernah melewatkan untuk beribadah di bulan Ramadhan.
Ibdah selama bulan Ramadhan harus benar-benar tulus dan ikhlas karena Allah SWT karena jika seluruh amalan dilakukan selama Ramadhan, dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah SWT dan kita seperti terlahir kembali seperti bayi tanpa dosa.
Ada istilah saat Ramadhan setan itu dibelenggu, dan itu memang benar. Pada bulan Ramadhan pintu surga dibuka dan pintu nerga ditutup. Itu artinya Allah SWT memberikan jalan selebar-lebarnya kepada umat muslim untuk melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan.
Adanya malam Lailatul Qadar, atau malam dimana keajaiban Allah SWT akan turun. Malam itu selalu ditunggu oleh umat muslim di 10 hari terakhir bulan Ramadhan dan diisi oleh ibadah, diutamakan membaca ayat-ayat suci Al-Quran.
Demikian beberapa keutamaan bulan suci Ramadhan yang wajib diketahui. Banyak lagi keutamaan bulan Ramadhan yang lainnya, ibadah dengan niat yang tulus dan ikhlas karena Allah SWT tentunya akan membuat ibadah kita selama Ramadhan mendapat keberkahan.( Humas Ahmadi Yakin Siregar)

  • selamat-saiful
  • selamat-muslih
  • selamat-rizal
  • ucapan-kpta
  • Duk-Ellyda
  • ucapan-waka-pta
  • ucapan-wisuda
  • duk-likwan
  • sel-rivai